Festival Naskah Nusantara 2
dan Simposium Internasional ke-16 Pernaskahan Nusantara

20th Kerjasama Perpusnas-Manassa
Jakarta, 26-29 September 2016

Selain sebagai tantangan, keterbukaan di era Masyarakat Ekonomi ASEAN adalah juga peluang besar bagi Indonesia untuk lebih memperkenalkan keragaman dan kebhinekaan kebudayaan Nusantara, terutama melalui revitalisasi naskah-naskah lama tersebut. Untuk merespon semua perkembangan itulah, Perpustakaan Nasional Republik Indonesia dan Manassa bermaksud menyelenggarakan hajatan 20 Tahun Kerjasama Perpusnas-Manassa dengan menyelenggarakan dua kegiatan utama, yakni Festival Naskah Nusantara dan Simposium Internasional ke-16 Pernaskahan Nusantara. Selain dua kegiatan tersebut, Manassa sebagai satu-satunya organisasi profesi ilmiah di bidang pernaskahan Nusantara juga akan menyelenggarakan Musyawarah Nasional ke-6, untuk menjaga keberlangsungan organisasinya.

Kegiatan ini bertujuan untuk mempromosikan, menggali, mengangkat, dan mempertimbangkan persoalan-persoalan yang terkait dengan pembentukan identitas dan jatidiri kebudayaan bangsa yang termaktub dalam berbagai naskah Nusantara. Secara khusus, Simposium Internasional ke-16 Pernaskahan Nusantara bertujuan untuk memberi sumbangan pada masyarakat Indonesia dengan menggali, mengkaji, dan mempublikasikan kembali pengetahuan-pengetahuan terkait kearifan lokal dalam naskah-naskah Nusantara, yang masih relevan untuk pengembangan jati diri kita sebagai bangsa maritim.

Kegiatan ini akan dilaksanakan pada tanggal 26-29 September 2016 dengan mengambil lokasi utama di Gedung Perpustakaan Nasional RI, Jl. Salemba Raya 28A Jakarta Pusat.


Informasi


Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog